Langsung ke konten utama

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran PGMI STAI Pati

 


PENDAHULUAN

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Pati berkomitmen untuk memajukan institusi dan program studi baik kualitas dan kuantitas dan juga menghasilkan lulusan berorientasi pada kebutuhan stakeholder dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta social keagamaan. Sebagai Perguruan Tinggi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam yang melaksanakan tridharma Perguruan Tinggi. Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah juga merencanakan menetapkan pola mahasiswa yang “adaptif” sebagai karakter dan nilai dasar dalam seluruh kegiatan di dalam dan luar kampus. Untuk mewujudkan keunggulan, memudahkan lulusan untuk mencapai tujuan kesejahteraan hidup, dengan pola pikir yang inovatif, kreatif, mandiri, berwawasan ke depan, berkeinginan untuk selalu berbuat lebih baik dengan motivasi internal yang kuat berlandaskan nilai-nilai keislaman.

Dalam rangka mewujudkan komitmen dan kondisi ideal yang dicita-citakan tersebut, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Prodi PGMI senantiasa memperhatikan kondisi internal institusi dan program studi serta kondisi eksternal. Kondisi internal merupakan pertimbangan potensi yang ada dan sedang berkembang, sedangkan kondisi eksternal meliputi perubahan lingkungan, perkembangan, peraturan dan perundangan. Hasil kajian tentang potensi diri, kekurangan, peluang, dan tantangan yang ada, digunakan sebagai acuan untuk merumuskan strategi pengembangan, penguatan program dan langkah-langkah perbaikan.

 

A.  Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran STAI Pati

Untuk itu visi, misi dan tujuan penyelenggaraan sekolah tinggi yang dijadikan dasar pijakan, tuntunan dan pegangan seluruh civitas akademika STAI Pati adalah sebagai berikut:

  •  Visi Sekolah Tinggi Agama Islam Pati

Terwujudnya Sekolah Tinggi Agama Islam Pati sebagai pusat pengembangan ilmu-ilmu keislaman yang unggul dan membawa kemaslahatan bagi umat pada tahun 2030.

  • Misi Sekolah Tinggi Agama Islam Pati
  1.  Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis pada ilmu-ilmu keislaman yang integratif untuk mencetak sarjana-sarjana Islam yang profesional, berakhlak al-karimah, religius, nasionalis, dan humanis;
  2.  Menyelenggarakan penelitian yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat;
  3.  Menyelenggarakan pengabdian yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat;
  4.  Menyelenggarakan kerjasama dalam skala nasional, regional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  5.  Menyelenggarakan tata kelola pendidikan tinggi yang efisien, akuntabel, transparan, dan berkeadilan.
  • Tujuan Sekolah Tinggi Agama Islam Pati
  1. Melahirkan sarjana-sarjana Islam yang memiliki akhlak al-karimah, kemampuan akademik dan/atau profesional, dan mempunyai jiwa kewirausahaan sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman;
  2.  Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan,  teknologi, dan seni yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman, serta mengupayakan pemanfaatannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
  3.  Mengembangkan profesionalisme, kapabilitas, dan akuntabilitas dalam tata kelola perguruan tinggi yang baik, serta kemandirian dalam penyelenggaraan perguruan tinggi.
B. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi PGMI STAI Pati
  • Visi PGMI STAI Pati:  Menjadi program unggul dan kompetitif  di bidang Pendidikan Dasar Islam pada tahun 2030 ”.
  •  Misi PGMI STAI Pati
  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Pendidikan Dasar Islam secara inklusif dan inovatif;
  2.  Mengembangkan keilmuan Pendidikan Guru Dasar Islam yang integratif;
  3.  Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian dalam bidang Pendidikan Dasar Islam sesuai dengan perkembangan pendidikan yang dilandasi nilai- nilai ajaran Islam;
  4.  Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Dasar Islam untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  • Tujuan PGMI STAI Pati
  1. Mencetak tenaga pendidik dan atau tenaga kependidikan profesional bidang Pendidikan Dasar Islam;
  2.  Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan luas dalam bidang Pendidikan Dasar Islam, berdedikasi, dan berakhlak mulia; dan
  3.  Menghasilkan lulusan dengan keterampilan hidup sehingga mampu mengikutiperkembangan pendidikan.
  • Sasaran dan Target PGMI STAI Pati
  1. Program Studi PGMI STAI Pati menetapkan sasaran pendidikan tinggi yang diselenggarakannya sebagai berikut: Menghasilkan lulusan Program Studi PGMI yang berkualitas dan berkompetitif berbasis KKNI dan menuju MBKM.
  2.  Lulusan Program Studi PGMI mampu menghasilkan karya Ilmiah sesuai tradisi keilmuan yang berbasis teknologi pendidikan.
  3.  Menghasilkan lulusan Program Studi PGMI yang mampu memberikan konstribusi keilmuan kepada masyarakat.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENILAIAN HASIL BELAJAR DI PRODI PGMI

  Prinsip Penilaian Prinsip     penilaian     mencakup     prinsip      edukatif,      otentik,      objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi.   Prinsip edukatif merupakan penilaian yang memotivasi mahasiswa agar mampu: (1) Memperbaiki perencanaan dan cara belajar; dan (2) Capaian Pembelajaran Lulusan.   Prinsip otentik merupakan penilaian     yang     berorientasi     pada     proses belajar yang berkesinambungan dan hasil belajar yang mencerminkan kemampuan mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.   Prinsip objektif merupakan penilaian yang didasarkan pada stándar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa serta bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai.   Prinsip akuntabel merupakan penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah, dan dipahami oleh mahasiswa.   Prinsip     transparan     mer